Media publikasi tulisan-tulisan unik, menarik dan menginspirasi

Main Bola Politik


Politik itu kejam, kotor dan jahat? Jawaban nya bisa Ya tetapi lihat siapa orangnya. Sama halnya dengan senjata yang bisa saja digunakan untuk kejahatan, namun juga bisa digunakan untuk kebaikan. The Man Behind The Gun, yang terpenting siapa yang memegang senjata itu, siapa yang berpolitik itu. Politik dapat digunakan untuk hal baik ataupun hal buruk, tergantung dari siapa yang menggunakannya. Politik akan menjadi baik ataupun jahat, tergantung dari siapa yang menggunakannya.
Ketika Politik dianggap sebuah permainan yang keras, itu wajar saja! Sama wajarnya ketika ada permainan sepakbola yang juga berlangsung keras. Banyak pelanggaran yang terjadi selama jalannya pertandingan juga akan ditandai dengan banyaknya kartu yang dikeluarkan wasit.
Kerasnya permainan juga ditentukan dengan karakter yang dimiliki oleh setiap pemain. Banyak pemain yang terlalu bersemangat dalam bermain sehingga out of control, kemudian diganjar hukuman kartu kuning atau bahkan diusir ke luar lapangan (kartu merah) oleh wasit.
Dalam dunia sepakbola ada beberapa pemain yang terkenal santuy bahkan sepanjang kariernya tidak sekalipun mendapatkan kartu dari wasit. Siapakah dia? Bukan Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo (CR7), juga bukan Zinadine Zidane. Pemain itu adalah Garry Lineker yang bermain dalam beberapa liga top eropa.
Sebaliknya ada pula pemain yang dibenci karena kasar, sombong atau Arogan. Pepe sewaktu jadi bek Real Madrid, Mario Balotelli atau Eric Cantona merupakan pemain yang terkenal Kasar. CR7 walaupun berprestasi termasuk pemain yang dibenci karena sombong dan arogan.
CR7 yang punya koleksi lima gelar Ballon d’Or dan sudah memenangkan segalanya di level klub bersama Manchester United dan Real Madrid. Meskipun begitu dia tetap saja dicap bertingkah arogan karena ucapannya “Banyak orang iri kepada saya karena saya tampan, keren, kaya, dan seorang pemain hebat.”
Bukan hanya pemain yang tidak disukai ada klub yang juga memiliki banyak pembenci, salah satunya FC Barcelona.
Barcelona atau Barca adalah salah satu klub terhebat di bumi ini. Barca memiliki pemain-pemain yang luar biasa, dengan ‘tiki-taka’ mereka menguasai dunia sepakbola era milenium. Mereka pernah menjuarai semua turnamen yang mereka ikuti dalam setahun. Namun mereka dibenci karena beberapa tahun terakhir pemain-pemainnya sering menipu, yaitu dengan cara ‘Diving’ atau ‘Bermain Akting’, pura-pura dilanggar padahal tidak.
Semua itu adalah "biasa" dalam pertandingan sepakbola maupun dalam permainan politik. Dalam Pertandingan Sepakbola sanksinya adalah kartu kuning atau kartu merah dari wasit. Jika sudah mendapat kartu kuning apalagi kartu merah maka itu yang akan mengurangi kekuatan untuk memenangi pertandingan.
Sementara dalam politik sanksinya adalah dipilih atau tidak dipilih oleh rakyat. Jika sudah mendapat "dislike" dimata rakyat maka rating keterpilihannya akan menurun.

Lubuk Basung, 18 Maret 2020
Kamaruddin

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support