Media publikasi tulisan-tulisan unik, menarik dan menginspirasi

Ahli Perbaruak-an (bagian 2)


‘’Mak Saidan!,'' katanya kaget. ''Mangalason gai lah ko Mak. Takajuik den,’’ semprot Nyik Inu kesal, lalu beliau pautkan baruak kembali ke kandangnya, kemudian berjalan menghampiri Mak Saidan.
‘’jan samo an baruak jo manusia. Baruak tu dak bautak, sedangkan manusia bautak, mako pendekatan untuak mandidik baruak harus berbeda jo manusia,’’ tutur Mak Saidan bijak, mencoba menasehati Nyik Inu yang keliru menurutnya.
Nyik Inu mengerinyitkan keningnya, karena tidak memahami maksud Mak Saidan. ‘’apo mikasuik nyo tu Mak? Dak paham den do,’’ Tanya Nyik Inu dengan tampang ingin tahu.
‘’untuak labiah paham ikuik den. Patang Sidatuak ma anduah baruak ka den. Mungkin kini nyo sadang malatiah baruak tu. Ka tampek nyo wak, wak caliak baa metode nyo malatiah baruak,’’ Mak Saidan mengajak Nyik Inu ke rumah Datuak untuk membandingkan metodenya dengan pendekatan Datuak dalam mendidik baruak. Tujuannya untuk menambah wawasan dan ilmu Nyik Inu dalam dunia pendidikan baruak.
‘’jadih,’’ jawab Nyik Inu. Setelah Mak Saidan mengikat baruak-nya ke batang kapas, berangkatlah kedua orang itu ke tempat datuak.
Sepuluh menit kemudian sampailah mereka di lokasi Datuak melatih baruak-nya. Tempat itu berada di parak belakang rumahnya. Di dekat durian iju di tepi bandaro, sebelah manggis Siayiak, di belakangnya parak Nek Sian.
Tiba di pohon kelapa tempat Datuak melatih baruak baruak, Mak Saidan dan Nyik Inu kaget bukan main. Karena melihat baruak meringis kesakitan sambil gauik gapai seperti orang gatal-gatal.
Setelah diperhatikan dengan seksama, ternyata seluruh badan baruak dipenuhi karanggo. Sementara itu, Datuak si pemilik baruak hanya diam memperhatikan penderitaan sang baruak.
Melihat itu, Mak Saidan marah. ‘’Tuak! Bapanga an baruak tu, mambunuah nyo?’’ tanya Mak Saidan jengkel sambil berjalan kearah baruak, kemudian membantu membersihkannya dari kerumunan karanggo.
‘’itu bagian dari metode pelatihan den Mak,’’ jawab Datuak. ‘’latihan tu untuk ketahanan dan kekebalan baruak den, mano tau biko kami dapek job ma ambiak karambia nan bakaranggo. Kalau baruak den kebal, maka akan cepat selesai kerja kami.’’
‘’baruak ko lah pandai ma ambiak??,’’ tanya Mak Saidan lagi.
‘’alun’’ jawab Datuak singkat.
Nyik Inu yang sejak tadi diam, kemudian dia berkata ke Datuak. ‘’yo lah salah bana Datuak ko. Baruak alun pandai, tapi nan balatiah kebal karanggo dulu. Tabaliak datuak tu. Harus nyo pandai dulu baru nan lain.’’
''manuruik den itu tahapan nan bana,'' balas Datuak. ''sebaik nyo baa manurik Mak Saidan,'' tanya nya ke Mak Saidan.
‘’dak itu doh, patang Oleang ma anduah baruak lo ka den. Kini nyo sadang malatih baruak lo mungkin. Karumah nyo wak lah, wak caliak baa lo metode nyo dalam malatiah baruak tu,’’ ajak Mak Saidan ke Datuak dan Nyik Inu.
‘’jadih,’’ jawab Datuak dan Nyik Inu hampir bersamaan. Lalu ketiga orang itu pergi ke rumah Mak Oleang yang berada di ateh di tepi hutan Padang Laweh.
Dari kejauhan di depan surau, Mak Saidan, Datuak, dan Nyik Inu melihat Mak Oleang sedang melatih baruak di kelapa depan rumah-nya di tepi banda. Saat itu beliau memakai peci nasional agak miring ke kiri, berbaju singlet, dan berkain sarung saja.
Jika baruak melakukan kesalahan beliau bentak, bahkan tidak segan-segan tali kekang-nya disentakkan kuat-kuat hingga baruak terjatuh ke dalam banda. Jika kejengkelan sudah memuncak kadang baruak dibenamkan ke dalam air.
Segera saja orang bertiga itu begegas mendekat ke tempat Mak Oleang melatih baruak-nya. Saat itu beliau sedang menghukum si baruak dengan merendam di dalam banda.
Setiba disana, langsung saja Mak Saidan menegur Mak Oleang. Dengan nada kurang senang, katanya ‘’dak model ko caro malatiah baruak do Leang. Kalau wak mendidik manusia harus dengan manusiawi, mako mendidik hewan harus dengan pendekatan hewani. Perlakukanlah hewan tu layaknya hewan. Nan Oleang lakukan ko penyiksaan namo nyo tu.’’
Mak Oleang ternganga mendengar ucapan Mak Saidan. Sambil menggaruk-garuk kepala yang tidak gatal beliau meminta penjelasan ke Mak Saidan. ‘’apo mukasuik nyo tu Mak. Coh jalehan,’’ katanya ingin tahu.
....bersambung


Rozi Firdaus

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support