Media publikasi tulisan-tulisan unik, menarik dan menginspirasi

Ahli Perbaruak-an (bagian terkahir)

Sambil berjalan untuk duduk di teras belakang dapur Pak Iyaeh, Mak Saidan menjelaskan. ‘’baruak tu dak bautak. Dak bisa nyo mencerna apo nan wak katokan. Tapi nyo punyo perasaan. Agar baruak bisa memahami keinginan wak, mako sentuhlah perasaan nyo.’’ Tutur beliau sambil melirik secara bergantian ke Mak Oleang, Datuak, dan Nyik Inu. Tetapi ketiga orang yang mendengarkan masih kurang paham.
Kemudian Mak Oleang bertanya lagi. ‘’baa caro nyo Mak? Agar bisa menyentuh perasaan baruak tu?.’’ Datuak dan Nyik Inu mengangguk-angguk karena apa yang ingin mereka ucapkan sudah didahului Mak Oleang.
Mak Saidan tersenyum sambil membelai-belai janggut-nya yang sudah memutih, geli menyaksikan ketiga orang itu yang penasaran dengan paparannya. Kemudian dengan penuh keyakinan beliau menjelaskan lagi.
‘’untuk bisa menyentuh perasaan baruak, butuh kesabaran yang ekstra tinggi. Karano ado tahapan-tahapan yang harus dilakukan untuak sampai kasitu,’’ jelas Mak Saidan sembari menatap ketiga pendengarnya secara bergantian.
‘’apo se tahapan nyo tu,’’ tanya Datuak tidak sabaran. Mak Oleang dan Nyik Inu manggut-manggut.
Mak Saidan menatap lagi ketiga sobatnya itu, lalu mengarahkan pandangan ke rumah Mak Piri. Kemudian beliau menjelaskan lagi. ‘’tahap partamo adalah, pemilik baruak berkenalan dulu dengan baruak-nyo. Perkenalan dilakukan dengan cara memberikan makan dan memandikan baruak selama tigo bulan dengan penuh kasih sayang. Jadi bukan katiko ado baruak, bisuak langsuang diaja, dak bisa do. Malawan baruak tu ka awak.’’
Setelah menghirup udara melalui hidung dan dihembuskan ke mulut, kemudian beliau melanjutkan penjelasannya. ‘’sudah tu, ajarkan baruak mengenali buah karambia. Caro nyo, gantuangan agak duo buah karambia dakek kandang nyo. Tahap katigo, baruak diaja mamuta buah karambia. Latihan ko untuak mengajarkan baruak mamilin buah karambia sampai terlepas dari tampuak nyo.’’
Mak Oleang, Datuak, dan Nyik Inu, manggut-manggut, mulai paham dengan apa yang dijelaskan Mak Saidan.
Mak Saidan tersenyum melihat tingkah tiga orang tersebut. Kembali beliau melanjutkan paparannya yang belum selesai. ‘’tahap lanjutan, baruak praktek menjatuhkan karambia. Praktek dilakukan di batang karambia sungguhan. Hanyo sajo tidak puncak batangnyo, melainkan di tangah batang karambia. Kemudian tahapan terakhit, ajarkan baruak membedakan ma karambia tuo, nama nan karambia mudo. Tahap ko dilakukan salamo tigo bulan,’’
Kembali tiga orang itu manggut-manggut. Ssudah paham.
‘’jikok kalian lalui tahapan ko dengan benar, pasti kalian bisa menyentuh perasaan baruak tu. Dijamin baruak patuah dan pasti pandai ma ambiak karambia,!’’ tutup Mak Saidan puas.
Ketiga orang itu kembali manggut-manggut. Kemudian mereka asyik dengan pikirannya masing-masing. Menyadari kekeliruan selama ini dalam melatih baruak.
‘’mokasih pencerahannyo Mak,’’ kata Mak Oleang ke Mak Saidan.
‘’yo,’’ jawab beliau. ‘’kami ka ilia lai Leang.
‘’jadih,’’ balas Mak Oleang.
‘’Tuak. Inu, lah ka bawah wak lai,’’ ajak Mak Saidan kepada dua temannya itu.
Setelah ketiga orang itu menjauh, dengan semangat baru, Mak Oleang berniat melanjutkan melatih baruak-nya. Ketika melewati banda, Mak Oleang kaget setengah mati, darahnya tersirap, karena melihat baruak beliau sudah terapung di atas air.
Hal ini disebabkan kedatangan ketiga temannya tadi, lalu mengajak beliau maota, sehingga lupa bahwa baruak masih berada di dalam banda.
‘’aaaa.... baruak den!,’’ pekik Mak Oleang histeris. Pekikkan itu memilukan, dan menyanyat hati siapapun yang mendengarnya. Tamat baruaknya, tamat pula cerita ko.

Rozi Firdaus
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support