Sore itu hujan turun seperti dituang-tuang dan sesekali terdengar gemuruh geledek yang sangat nyaring.
Di Kadai Ajo di Jorong Bandaro, tampak tiga pemuda terlibat dalam perbincangan yang sangat serius. Pemuda pertama memakai kemeja putih bercelana jins. Posturnya tinggi kurus berambut cepak belah samping. Namanya Iman.
Katanya membuka pembicaraan setelah memesan kopi sembari memainkan HP, “iyo aruih bahati-hati wak main media sosial kini ko. Salah katiak masuak panjaro.” Setelah itu dia mengeluarkan rokok dari saku dan membakarnya, di hisap dan dihembuskan kedepan. Asapnya seperti cerobong asap kereta api yang sedang terpuruk.
Pernyataan itu langsung ditanggapi oleh orang kedua. Dia memakai sweater warna toska, perawakannya agak tinggi dan berambut ikal sedikit kaku. Jika berbicara gagap. Namanya Si Son. Tanyanya, “baba baa tu wo? kok mama mantun?.”
Mendengar kegaguan Si Son, orang yang ketiga nyengir. Dia tak berbaju, hanya memakai celana dasar yang dipotong selutut. Posturnya berdagap lebar, kulit hitam, dan berambut lujur. Sedikit canduah. Namanya Oyoang. Ucapnya menjawab pertanyaan yang diajukan ke Iman, “hehe.. iyo son. Apo lai mambuek statuih nan manyingguang rezim Mayua. Salah saketek dilaporkan ka Hansip dek gerundang pandukuangnyo. Lah banyak nan jadi korban.”
Si Son mengangguk paham, tuturnyanya “ii iyo wo…..” ketika Si Son hendak melanjutkan, tiba-tiba Ajo datang membawakan pesanan kopi yang di pesan Iman. Sambil menghidangkan, Ajo ikut menanggapi pembicaraan mereka. Katanya, “makonyo Son, ang aruih bijak buek statuih.” Setelah itu berlalu, kembali ke tempatnya. Si Son hanya mengangguk.
“bahkan, bini nan baulah, bisa laki nan kanai. Sarupo nan dialami dandim Padang Laweh,” Iman berkata lagi sesudah kopi terhidang di meja. Setelah menyeruput kopi, dia melanjutkan, “gara-gara bini-nyo buek statuih nan manyuduik an Pian KAUR Keamanan nagari nan ditusuak warga, jabatannyo sebagai dandim Padang Laweh dicopot komandannyo.”
“si Kuri mambuek statuih nan mensyukuri kematian anjiang Mayua nan mati di sinduak kandiak tarago baburu di Rimbo Gantiang, di lapor an ka hansip lo dek garundang,” sahut Oyoang sambil menghembuskan asap panama putiah-nya.
“Sijen mamposting poto koncek kesayangan Mayua nan mati dibilakang kantua walinagari, patang ditangkok lo dek Hansip,” Iman menambahkan.
“sese olah nana nagari ko pupu punyo Ma mayua jo pa pandukuangnyo se,” sahut Si Son kesulitan, sambil secara bergantian menatap Iman dan Oyoang.
“na nampak di den, aturan nagari wak hanyo tajam ka pangkritik Mayua. Tumpul ka pandukuangnyo,” timpal Iman menyesalkan kondisi itu. Matanya menatap kosong ke jalan raya yang basah. Teringat pada teman-temannya yang aktifis, ditangkap Hansip hanya karena hal sepele. Sementara pendukung Mayua bebas membuat hoax seenaknya tanpa diproses.
Suasana hening sejenak. Hanya terdengar bunyi hujan.
Ketiganya sibuk dengan pikiran masing-masing tentang kondisi nagari yang mulai meningglakan cara-cara demokrasi. Hal ini menurut mereka dapat mengarah pada kehancuran nagari.
Sementara itu, air hujan belum reda, masih tetap turun seperti dituang-tuang.
Di tengah berisiknya hujan, tiba-tiba dengan nada gusar Oyoang berkata, “dak ado lai tampek warga menyalurkan aspirasi. Aspirasi lewat media sosial, panjaro mangancam. Aspirasi dengan demo, mauik bisa manjapuik. Samantaro buzzer Mayua salalu maintai dan bebaeh babuek apo sajo.”
“Jadi, kini wak aruih waspada bermedia sosial,” balas Iman, “jan karano hal sepele masuak panjaro. Ingek kato nan tuo-tuo ko hah, maminteh sabalun anyuik, malantai sabalun lapuak, ingek-ingek sabalun kanai.”
“salain tu, awak aruih bijak lo bermedia sosial,” sahut Oyoang, “kicek niniak wak, ingek di rantiang ka mancucuak, tahu didahan ka maimpok. Jan karano buek statuih, ditangkok Hansip, masuak panajaro anak bini nan manangguangan.”
“rezim Mayua dak adia,” Iman berkata lagi dengan serius, “salah satu prinsip demokrasi tu adia, adia tu maukua samo panjang, mambilai samo laweh. Dak amuah doh, mantang-mantang pandukuang wak, di padia an malangga aturan, samantaro urang lain nan babuek samo, dihinakan dan hukum sabarek-bareknyo.”
“baba bana,” timpal Si Son. Sebenarnya ingin menambahkan lagi, tetapi kegaguan membuat dia kesulitan. Karenanya, Si Son lebih banyak mendengar dan mengangguk saja jika sepakat dengan dua sohibnya itu.
Oyoang memahami pikiran Si Son, setelah menyeruput kopi, dengan tersenyum seraya melirik Si Son kemudian ke Iman, dia berkata, “iyo tu man. Kicek niniak mamak wak, Tibo dimato indak dipiciangkan, tibo diparuik indak dikampihkan. Pamarentah dak buliah barek sabalah, pamarentah aruih berpegang taguah pado kebenaran. Jikok Mayua tetap dengan ketidak adilan ko, nagari wak dak ka maju-maju. Pado hal kampanye nyo dulu piliah Mayua, nagari maju.”
Iman dan Si Son mengangguk-angguk setuju. Dengan tersenyum lantas Iman menguatkan pernyataan Oyoang, katanya, “maju tu hanyo bisa terwujud jo persatuan, sarato karajo samo sado anak nagari, baiak oposisi maupun pamarentah. Persatuan jo karajo samo terwujud jikok keadilan tercipta di nagari. Kato niniak mamak wak saisuak, Ka mudiak sa antak galah, ka hilia sarangkuah dayuang. Sasuai lahie jo bathin, sasuai muluik jo hati.”
Semua terdiam, menginap menungkan petuah-petuah yang sudah disampaikan dalam ota. Terang sudah berangsur gelap. Adzan magrib berkumandang. Sementara itu, air hujan masih tetap turun seperti dituang-tuang.
Karya Rozi Fidaus
0 komentar:
Posting Komentar