Media publikasi tulisan-tulisan unik, menarik dan menginspirasi

Cinta dan Kematian (Berbagi kisah nyata dihari Jum'at ini)


Kematian yang datang menyapa Uni Des, seorang Kakak angkat, tetangga saat di lahan transmigrasi dulu, benar-benar membuat air mata ini kini mengalir. 

Beliau seorang guru SD. Kemarin masih ke sekolah, pulang sekolah masih memasak, dan aktivitas di rumah. Magrib Uda berangkat pengajian rutin warga di Trans, teman Uni datang untuk mengerjakan urusan sekolah, ada data yang perlu dikirim secara online. 

Usai Isya, Uda pulang ke rumah, dan teman Uni pamit. Uni minta ambilkan nasi pada anaknya. Beliau makan, dan makan obat. Beberapa Minggu yang lalu, Uni sempat dirawat di klinik desa, karena magh dan itu menimbulkan sesak napas. Usai makan obat,tadi malam, Uni bilang mau ke kamar. Baru menggeser duduk hendak ke kamar, beliau mengatakan pusing. Uda langsung memijat bahu dan kepala Uni, sambil duduk di belakang Uni. Berharap sedikit pijatan akan meringankan rasa pusing Uni. 

Uni menyandarkan badan pada dada Uda. Uda terus memijat. Saat sadar Uni diam, Uda mengira, Uni hanya pingsan. Perawat dan mantri datang ke rumah. Mereka mengatakan Uni sudah tidak ada, meskipun sempat disiapkan ambulan untuk membawa Uni  ke RS di pusat Kabupaten.

Uda meminta didatangkan dokter. Dokter datang dan memeriksa Uni. Dan memang sudah tidak ada lagi. Disitulah Uda baru percaya, bahwa Uni sudah pulang pada Allah Ta'ala. 

Banyak film, sinetron, juga novel atau pun tulisan berkisah tentang romantisnya cinta suami dan istri. Kekasih halal. Namun semua itu, hari ini kalah telak dalam penilaian Ipat, saat mendengarkan Uda Asril bertutur tentang kepergian Uni Des.

Di rumah duka tadi, Ipat berusaha kuat untuk tidak menangis saat Uda Asril bercerita. Ada Wahyu, Dwi, dan Selvi yang kami sudah lama tidak bertemu. Mereka tampak tegar, dan kami tak ingin meruntuhkan ketegaran itu dengan sikap konyol. Dalam beberapa bulan terakhir ini, beberapa kali Ipat ingin ikut dengan Uda Eri, suami Pat,  ke lahan Transmigrasi itu, ingin bertemu dengan Uni, dan bernostalgia, melihat rumah desa yang kami tempati awal menikah dulu, tapi kondisi badan Ipat tidak vit setiap kali Uda Eri berangkat untuk pengerjaan taman di SMA, tempat Uda Eri pertama kali mengajar di Sarolangun ini.

Tadi malam, sekitar jam 22.00, saat menulis cerita Baju Pengantin Untuk Calon Mertua, pada paragraf pertama, Ipat menulis daerah Tapan. Sejujurnya, saat itu ada rasa rindu yang dalam pada almarhumah. Tiba-tiba saja teringat, dan sepanjang menuliskan cerita itu ada kesedihan yang menyelimuti hati. Kesedihan yang tidak bisa Ipat mengerti. 

Uda Asril, dan almarhumah Uni Des adalah putra putri dari Indo Puro (Indra Pura) kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Beliau berdua mengabdikan diri di Kabupaten Sarolangun, Jambi. Uda bertugas sebagai ASN di dinas peternakan, dan uni Guru SD. Cinta mereka luar biasa. Wajar jika kepergian Uni juga dengan cara yang luar biasa. 

Pelajaran yang sangat berharga sekali hari ini bagi Ipat dan suami. Semoga juga ada ibrah buat sahabat pembaca. Sudah seberapa besar cinta yang ada di hati kita pada pasangan kita, selama mengayuh biduk rumah tangga? Seberapa cepat kita peduli saat pasangan kita mengeluhkan sakit yang mungkin hanya kita anggap hal biasa? 

Tak terbayangkan, betapa sigapnya tadi malam itu Uda duduk dibelakang Uni, dan memijat pundak serta kepala Uni. Pusing itu hanya 'sebab' untuk pulang. Beliau sehari-harinya orang yang sangat energik. Bahkan tadi sempat Ipat saksikan, teras rumah beliau penuh dengan pot berisi bunga, yang terawat. Walaupun Uni orang yang mandiri, tapi Uda sigap, ia langsung datang saat Uni mengeluh pusing, padahal Uda juga baru pulang dari pengajian, tentunya juga lelah. Tapi begitulah Cinta mereka yang sesungguhnya, selalu ada ketika dibutuhkan.

Innalillahi wa Inna ilaihi raajiuun.

Semoga Allah tempatkan Uni di tempat terbaik. Uni seorang istri yang sangat diridhai oleh Uda. 

Semoga kelak kita bisa berjumpa kembali. 

Sarolangun, 13 November 2020.

By Iphat Chan
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Definition List

Unordered List

Support