Media publikasi tulisan-tulisan unik, menarik dan menginspirasi

Kabupaten Agam

Ibu kota dari Kabupaten Agam adalah Lubuk Basung, sebuah kota berstatus kecamatan.

Carito Lapau, Episode 1 : BASAMO MEMBANGUN SUMBAR MADANI

"Ah biaso sajo itu. Dulu paresiden nan kini ko takah itu juo. Indak salasai jadi gubernur, baru duo tahun, alah mancalon presiden", kato si Buyuang Mada.

Omerta, Justice Collaborator dan Mar Yanto

Sehebat-sehebatnya pelaku kejahatan pasti ada jejak/bukti yang tercecer sebagai titik awal penelusuran jejak sehingga mengarah kepada pelaku

Murid-Murid Nyiak Ajuik

Menurut kabar angin, beliau memiliki kemampuan supranatural. Banyak yang percaya bahwa beliau mampu menangkal hujan, ada juga yang meyakini beliau memiliki ilmu pamikek. Bukan ilmu memikat balam atau barabah, tetapi ilmu memikat lawan jenis. Selain ilmu gaib itu, Nyiak Ajuik juga memiliki keahlian dalam ilmu teknik.

Puti Ransani Turun dari Khayangan

Puti Ransani merasa rindu ingin kembali ke Kampung kelahirannya di Maninjau. Banyak hal yang membuat ingin segera pulang

Maninjau, Salah Manimbang dan Bahasa Tubuh


Danau Maninjau dengan pagar bukit sekelilingnnya itu sangat indah dan mempesona. Semakin jauh dipandang, semakin terlihat memukau. 

Lihat lah dari Kelok 20, bandingkan dengan ketika berada di Kelok 37, lalu coba lihat dari Ambun Pagi, Ambun Tanai, Puncak Lawang, Bukik Sakura. Maninjau semakin membuat mata tak ingin melepas pandangan dari pesonanya. 

Meninggalkan dan melepaskan pandangan dari Maninjau membuat rindu menusuk jantung. Seakan terpaksa berpisah dengan pujaan hati. Entah kapan akan bertemu lagi.

.......itu lukisan tentang indahnya Danau Maninjau


Berikutnya tentang lagu "Salah Manimbang" karya Sexri Budiman dinyanyikan Yandri Boy, yang menjadi "sountrack" video di atas. 

Dalam sinetron atau film sering kita lihat adegan perpisahan antara sepasang kekasih. Perpisahan itu selalu dalam adegan yang dramatis. Walaupun masing-masing berkata rela dan ikhlas akan perpisahan itu, tetapi tidak dengan apa yang dirasakan hatinya.

Sering dalam sebuah adegan film digambarkan perpisahan Dramatis antara pasangan kekasih, Betapapun keduanya berusaha tegar dengan tersenyum, itu tidak mampu menutupi kesedihan yang dirasakannya. Bahasa tubuhnya berbeda dengan ekspresi wajah dan ucapannya.

"Lah hilang, kini lah hilang, 
Tampek baiyo babagi raso
Batenggang kama batenggang, 
Di buhua bana putuihnyo cinto"

Begitu pula mungkin yang dirasakan dan harapan pasangannya,


"Walau bapisah bapisah abih, 
Jan habih bana kasiah di hati, 
Pailah adiak mambaok hati, 
Jo doa suci denai iriangi, 

Elok-eloklah uda balayia, 
Untuang tatompang kapa nan gadang, 
Ka tampek galak dapek di cari, 
Kawan manangih jan sampai hilang,"


Orang Minang sangat jago dalam menyembunyikan apa yang dirasakannya, bermain dengan kata-kata dan kiasan. Namun itu tidak mampu menutupi bahasa tubuh, walaupun “dalam iyo baindakan’ tetapi bahasa tubuhnya terlihat “meng-iya-kan”.

Gestur adalah bahasa tubuh sebagai bentuk cara berkomunikasi menggantikan bahasa lisan. Gestur sering lebih jujur dari kata-kata. Sebagaimana Alam yang memberikan isyarat akan kondisi tertentu, dan banyak orang sangat paham membaca isyarat yang disampaikan oleh alam.

Gestur dan isyarat alam bukanlah sebuah kebetulan tetapi biasanya akan terlihat karena memang ada sebabnya. Betapapun kita mengatakan “tidak apa-apa”, jika saat itu hati kita sedang sedih maka dada kita akan terlihat berguncang menahannya. Semakin bersikeras kita mengatakan “tidak apa-apa” semakin keras guncangan itu.

Membohongi apa yang dirasakan akan memunculkan ketidaksesuaian antara bahasa tubuh dengan bahasa verbal. 


Lubuk Basung, 12 Oktober 2021
Share:

Definition List

Unordered List

Support